Desain Rumah di Lahan 100 M2


Lahan dengan luas 100 m2 sepertinya ukuran "standar". Karena itu kali ini kami coba tampilkan desain rumah di lahan 100 m2. Semoga bermanfaat. Lahan bagian muka yang disisakan seluas 3 m x 10 m digunakan untuk teras 4 m x 1.5 m, parkir motor dan ruang hijau. Ruang-ruang didesain sesuai dengan keinginan anda yang terdiri dari 3 bagian, yaitu ruang tidur utama (3 m x 4 m) dan ruang tidur anak 1 (3m x 3m) di sebelah kanan bangunan, ruang tamu (4 m x 2 m) dan ruang keluarga (4 m x 2.5m) di tengah bangunan dan ruang tidur anak 2 (3 m x 3 m), kamar mandi (1.5 m x 2 m), dapur serta ruang makan (3 m x 2 m) di sebelah kiri. Pada bagian belakang, lahan disisakan juga seluas 4 m x 2.5 m untuk teras dan taman belakang yang berfungsi untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami ruang-ruang yang ada di belakang.



Desain Rumah di Lahan 100 M2
Ruang makan di desain menyatu dengan dapur mungil dan terbuka kearah taman belakang. Ruang keluarga juga memiliki bukaan yang lebar kearah taman sehingga walaupun luasan ruangnya hanya 4 m x 2.5 m diharapkan tetap terkesan lapang dengan adanya bukaan tersebut. Jika anda menginginkan ruangan yang lebih fleksibel maka sekat dinding antara ruang tamu dan ruang keluarga dapat dibuat tidak permanen sehingga ruang dapat menyatu jika dibutuhkan.

Bentuk bangunan tetap mempertahankan kesederhanaan dengan tampilan yang modern, konsep 3 bagian tetap diperlihatkan dengan bentuk atap terpisah dengan ketinggian yang berbeda. Bagian kiri beratap paling rendah disusul dengan bagian kanan yang memiliki selisih ketinggian kurang lebih 1 m dan bagian tengah yang memiliki atap tertinggi dengan selisih ketinggian sekitar 2.5 m. Dengan adanya ketinggian atap yang berbeda ini maka ketinggian plafond juga bervariasi sehingga ruangan lebih terkesan luas terutama pada ruang tamu dan ruang keluarga. Anda juga dapat memanfaatkan ketinggian atap tersebut untuk membuat ruang mezanin yang dapat digunakan untuk ruang penyimpanan atau ruang lain yang dibutuhkan.

Denah Rumah di Lahan 100 M2Atap tinggi pada bagian tengah bangunan dibuat menjorok di atas teras, sehingga bangunan bagian tengah ini terkesan menonjol. Pada sisi mukanya dibuat kaca lebar berbentuk segitiga agar tampilan bangunan tidak terlalu massif. Anda dapat membedakan warna dinding bagian bangunan yang menonjol ini untuk menjadi ciri bangunan rumah anda. Desain konsol beton selebar 50 cm yang secara fungsional melindungi teras dan jendela ruang tidur  semakin memperkuat kesan modern dan seolah-olah menyatukan ketiga bagian bangunan tersebut.

Bangunan dengan luas kurang lebih 70 m2 ini jika harga per meter perseginya 2.5 juta rupiah maka membutuhkan dana 70 x 2.5 juta = 175 juta rupiah.

wdcfawqafwef