Desain Rumah plus Majelis Ta'lim di Lahan 8 x 9 M


 
Rumah plus Majelis Ta'lim? Sepertinya ide yang menarik juga. Karenanya kali ini kami tampilkan desain rumah plus majelis ta'lim di lahan 8 m x 9 m, sesuai dengan kaidah arsitektur yang benar dan tentunya dengan segala keterbatasannya.
Bangunan ditarik 1.5 m dari batas jalan. Di lahan 8 m x 1.5 m ini, masih bisa digunakan untuk parkir motor dan sedikit ruang hijau di depan ruang tidur. Di bagian muka terdapat teras yang berfungsi sebagai ruang antara menuju ruang tamu dan tangga naik yang berbentuk L ke lantai 2.
Mengapa tangga ke lantai 2 ini diletakkan di luar…?, pertimbangannya karena kegiatan majelis ta’lim ini tentunya akan menjadi ruang publik yang harus dapat diakses kapan saja bagi yang membutuhkan, sehingga harus terbuka dan tidak mengganggu privasi orang tua anda. Sebagai proteksi sehingga orang tidak masuk sembarangan, maka di lantai 2 dapat di buat pintu geser untuk masuk ke dalam ruang majelis ta’lim. Ruang majelis taklim ini juga dilengkapi dengan kamar mandi kecil dan gudang penyimpanan serta void ke taman belakang sehingga sirkulasi udara dan cahaya tetap dapat masuk ke dalam ruangan.


Pada lantai 1 terdapat ruang tamu yang berfungsi juga sebagai ruang keluarga berukuran 4 m x 2.5 m. Dibatasi oleh sekat semi permanen ke ruang makan di belakangnya. Ruang makan ini mendapatkan view ke taman yang ada di belakang dan dapat langsung berhubungan dengan dapur mungil di sisi kanan. Dua buah ruang tidur berada di sayap kiri bangunan dilengkapi dengan kamar mandi berukuran 2 m x 2 m. Di sudut kanan belakang terdapat ruang cuci dan jemur yang cukup vital untuk ditambahkan

Ruang Majelis Ta'lim dirancang terbuka pada sisi yang menghadap jalan agar ruangan terasa lebih lapang, tetapi jika anda menghendaki tertutup, maka bisa menggunakan jendela.
Secara keseluruhan bangunan dengan ukuran hampir bujur sangkar ini di desain dengan tampilan yang sederhana dan fungsional. Ketinggian lantai 1 ke lantai 2 adalah 3.6 m dan bentuk atapnya jurai dengan kemiringan 4 arah dengan talang beton selebar 1 m di sekeliling atap. Tangga naik agar terkesan rapi, ditutup dengan dinding krawang bermotif geometris setinggi 2.8 m. Pada bukaan dinding lantai 2 yang menghadap ke jalan, dilengkapi dengan railing pengaman dan kisi-kisi penahan cahaya matahari dengan profil minimalis. Unsur modern juga semakin kuat dengan adanya kanopi beton yang memanjang di atas teras, jendela ruang tidur dan tangga yang ditopang oleh 1 buah kolom di ujung teras dan dinding di kanan kiri bangunan.

Demikianlah, desain rumah plus majelis ta'lim ini mudah-mudahan akan bermanfaat bagi banyak orang, yang Insya Allah jika diniatkan dengan ikhlas maka Allah yang akan memudahkan jalan anda untuk membangunnya, seperti firman Allah dalam QS. Muhammad ayat 7 :
"Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu".