Tips Memilih dan Merawat AC Rumah

Pada umumnya penggunaan AC banyak ditemukan di kota besar karena padatnya pemukiman dan sedikitnya diperoleh udara sejuk . Di setiap kantor kota besar pun AC wajib digunakan agar sirkulasi ruangan lancar dan orang di dalamnya tidak sesak atau sumpek. Hal ini tentu saja mengganggu kenyaman penghuni bangunan entah rumah atau gedung di dalamnnya . Dibalik penggunaan AC ruangan , maka  akan diikuti tagihan listrik rumah Anda yang membengkak .

AC RUANGAN RUMAH 300x141 Tips Memilih dan Merawat AC Rumah

Mungkin sudah sering kita dengar istilah PK .Sekilas terdengar familiar bahwa besarnya PK akan menentukan tingkat dingin AC tersebut . PK adalah singkatan dari Paard Kracht , PK tersebut merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU (British Thermal Unit ). Inilah yang menentukan berapa besar kesejukan udara dalam ruangan yang dihasilkan . Jika PK besar maka BTU yang dihasilkan akan semakin besar . Berikut rumus sederhana untuk menentukan penggunaan AC dalam ruangan dengan besarnya PK .

Rumus : Panjang(m) x lebar(m) x tinggi ruangan(m) x 500

Hasil

PK

5000

½

7000

¾

9000

1

12000

1½

Perawatan AC di Rumah

AC juga membutuhkan perawatan secara berkala agar udara yang dihasilkan bersih dan sehat.  Berikut beberapa tips perawatan AC rumah Anda :

  • Lakukan pembersihan filter AC Anda , Anda pun dapat melakukannya dengan melepas bagian cap depan AC dan mengambil filternya kemudian dibersihkan .Filter ini tergolong cukup mudah dalam pelepasan dan pemasanga.
  • Cek kondisi kondesor AC , Pada bagian luar pastikan Kondesnsor dalam keadaan bersih jika terdapat kotoran bersihkan segera .Matikan dahulu sebelum Anda membersihkannya . Anda bisa menggunakan pembersih penyedot debu .
  • Tutup Ventilasi rumah Anda ketika AC dihidupkan karena agar tidak membuat kerja compressor AC menjadi berat , karena sensor tidak akan membaca bahwa ruangan telah dingin.
  • Hindari penempatan AC dari sinar matahari Terik sehingga rasa dingin bisa tercapai.
  • Matikan Ac jika tidak digunakan , agar hemat energy .

Rumah Minimalis