Tips Merawat Tanaman Merambat

Baca tips merawat tanaman merambat di sini | Ada banyak pilihan tanaman merambat yang bisa anda manfaatkan untuk mempercantik rumah anda. Baik jika taman di rumah cukup luas atau sempit, tanaman merambat bisa digunakan.
Tanaman merambat paling jamak digunakan sebagai penutup dinding tembok taman. Selain bisa sangat efektif menurunkan suhu, tanaman merambat pada tembok taman sempit juga bisa menghilangkan kesan sempitnya. Nah, meskipun tanaman merambat pada umumnya mudah sekali tumbuh, namun kita tetap perlu merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips merawat tanaman merambat untuk menjaga tanaman merambat anda tetap tumbuh subur dan sehat.
Memilih tanaman merambat yang sesuai
Kenali dahulu tanaman merambat yang hendak anda beli atau tanam. Apakah tumbuh di dataran tinggi atau rendah? Apakah membutuhkan perawatan khusus? Hal tersebut penting agar Anda paham jenis perawatan tepat untuk tanaman Anda.
Pemangkasan
Tanaman rambat yang sering dipangkas biasanya akan lebih rimbun dan lebat. Namun, Anda juga perlu perhatikan, bahwa ada beberapa jenis tanaman yang tidak boleh dipangkas. Anda cukup merapikan sisi-sisi area rambatan agar terlihat lebih rapih dan cantik.
Pemupukan dan Penyiraman
Beri pupuk agar tanaman tumbuh subur. Ada baiknya Anda menggunakan jenis pupuk kandang. Sementara untuk suplai airnya, pastikan untuk melakukan penyiraman 1-2 kali dalam sehari. Jangan sampai tanah terlalu basah, Anda hanya perlu menjaga kelembapan tanah tanpa harus menggenanginya.
Pot dan media tanam
Perhatikan juga media tanamnya. Pastikan untuk memilih pot yang agak besar agar dapat mengakomodasi kebutuhan akan ruang tumbuh. Perhatikan tingkat keasaman tanah. Kadar yang ideal adalah dengan pH di angka 7. Sumber: Kompas Properti