cara menanam rumput jepang

cara menanam rumput jepang - Taman rumah akan terasa indah bila di tanami rumput-rumput yang berkualitas seperti rumput gajah maupun rumput jepang. Dengan cara menanam rumput taman dengan tepat dan benar akan membuat rumput Anda subur dan menarik. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menanam dan merawat rumput Anda:


  1. Gantilah tanah Anda sedalam 20 cm dengan tanah subur, apabila tanah Anda berupa tanah urugan material atau tanah keras.
  2. tanah subur digemburkan menggunakan garpu atau sekop kecil sehingga tanah menjadi terpisah-pisah dan tidak keras.
  3. Sebarkan pupuk organik di atas tanah yang sudah digemburkan tadi dan diamkan selama 1-2 hari sebelum ditanam, agar efek panas pupuk sudah hilang.
  4. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah dibelah, apabila Anda ingin dalam waktu 1 bulan seluruh tanam anda bisa tertutup dengan rapat, maka jarak antar rumput kira-kira seukuran jari anda.
  5. Sebaiknya rumput ditanam pada sore hari sehingga akan mengurangi penguapan yang ditimbulkan oleh panas matahari, sehingga rumput tidak menjadi kering.
  6. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir untuk membuat permukaan rumput menjadi rata.
  7. Lakukan penyiraman di awal penanaman tiga kali dalam satu hari, pagi hari sebelum jam 7 pagi, kemudian tengah hari dan sore hari setelah jam 3 sore.
  8. Rumput harus terpapar sinar matahari secara langsung karena penting untuk proses fotosintesa, rumput yang terlindung dari sinar pertumbuhannya menjadi terhambat.
  9. Musuh pertumbuhan rumput adalah rumput liar atau tanaman kecil yang menjadi gulma tanaman rumput, gulma ini harus secara rutin dicabuti karena akan merebut makanan rumput sehingga pertumbuhan menjadi terganggu. (dari berbagai sumber)



cara menanam rumput jepang
gambar 1. rumput jepang
cara menanam rumput jepang
gambar 2. rumput jepang
cara menanam rumput jepang
gambar 3. rumput jepang

Rumput jepang ini dibeberapa daerah punya beberapa nama lain, ada yang menyebut rumput jarum dan ada juga yang menyebut rumput babi.

Rumput jepang juga salah satu rumput yang populer digunakan sebagai rumput hias.

Manfaat rumput jepang selain untuk mempercantik taman anda juga bisa sebagai penahan tanah dan penahan debu walaupun kapasitasnya hanya sedikit.

Berikut ini cara sederhana untuk menanam rumput jepang :

1. 1 m2 bibit rumput jepang bisa ditanam untuk 4 - 6 m2.( Harga bibit rumput jepang dipenjual rumput jepang yang membudidaya rumput jepang, harga bibit rumput jepang dijual antara 30.000 - 50.000 rupiah. )

2. Gemburkan tanah dan ratakan, supaya saat tumbuh bisa rata. Bila ingin variasi yang lebih menarik, tanahnya bisa dikontur sesuai selera.

3. Beri pupuk kandang. Untuk 25 kg pupuk kandang sapi atau ayam bisa untuk 10 m2. Sebaiknya pupuk kandang yang sudah kering supaya aromanya tidak menyengat.

4. Siram dengan air sebelum ditanam, supaya pori-pori tanah basah semua.

5. Lepaskan rumput dari gerobolan, pastikan setiap bibit ada akarnya. (Gambar rumput jepang diatas adalah salah satu gumpalan bibit yang bisa ditanam.)

6. Jarak antar bibit maksimal 8 x 8 cm, setiap bibit seperti pada poin 5.

7. Setelah tertanam semua, siram lagi dengan air dan pastikan basah semua.

8. Bila cuaca panas siram 2 kali sehari, jika tidak minimal sore hari disiram.

9. Pupuk pertama sekitar 2 minggu, rumput mulai tumbuh, beri urea 0,5 kg untuk luasan 10 m2.

10. Pupuk kedua umur 1,5 bulan diberi urea lagi. Dosis sama poin 9.

11. Apabila merasa tanah terlalu keras karena pemupukan urea, bisa ditambah dengan pupuk TSP sekitar 0,5 kg untuk 10 m2.

12. Merawat rumput jepang selama proses menanam rumput jepang yaitu dengan membersihkan rumput-rumput liar.

13. Cara perawatan rumput jepang ini seperti pada poin 12 kurang lebih bila kita menanam rumput gajah mini

14. Sktr 3 - 4 bulan, semua sdh tertutup rumput.

15. Semoga bermanfaat.

tips cara menanam rumput jepang
Cara Menanam Rumput Jepang

wdcfawqafwef